Maribaya yang ditemukaan kembali

in English >>

Maribaya merupakan tempat sudah terkenal sejak dari zaman dahulu kala, bahkan generasi orang tua saya pun seandainya mereka tinggal di Bandung jika ditelusuri ulang mungkin pernah berkunjung ke Maribaya untuk pacaran. Tapi seperti banyak hal lain yang booming dan terkenal, akhirnya Maribaya menjadi sedikit tidak terurus dan jorok, atau begitu yang ada di benak saya selama ini.

 

Area maribaya resort
Area Maribaya Resort, gedung merupakan area kafe yang menghadap ke Air Terjun

 

Oleh karena itu saya sedikit bingung saat sanggar yoga saya membuat kegiatan Festival Yoga di Maribaya Resort pada bulan Mei 2016 lalu, dimana pula itu? Setau saya Maribaya ya air terjun itu aja, apa ada Maribaya yang lain?

 

Sungai
Area Sungai di sudah dirapihkan dan dipercantik

 

Ternyata Maribaya telah direnovasi ulang! Sekarang ada dua akses berbeda di Maribaya, pintu yang “tradisional” dan pintu Maribaya Resort, karena saya belum punya pengalaman untuk masuk pintu yang “tradisional” saya cerita bagian Maribaya Resort aja ya.

 

Dek Kayu
Dek Kayu yang melewati pemandangan-pemandangan hijau

 

Maribaya resort ini sungguh diluar ekspektasi keindahannya. Dengan tiket masuk Rp 35.000,00, kita dapat menikmati akses melihat dua buah air terjun dan berjalan-jalan di dek kayu yang menelusuri hijaunya lembah Maribaya. Selain dari itu juga tersedia area bermain anak-anak yang bentuknya agak mirip rumah-rumah hobit dalam imajinasi saya, dan juga Mini Zoo yang termasuk dalam akses tiket masuk tersebut. Seandainya tertarik untuk memberi makan binatang-binatang di dalam Mini Zoo ini, kita harus beli makanannya (Rp 5.000). Ohya, kolam pancing ikan juga ada lho..

Area bermain anak
Area bermain anak-anak, dibuat seperti rumah-rumahan Hobbit

 

Mini Zoo
Area mini zoo dimana bisa bermain dengan kelinci!

 

Dalam area Maribaya Resort ini, tidak boleh membawa makanan dan minuman dari luar. Tapi di dalam area ada banyak restoran-restoran kecil dan juga kafe. Range harga untuk miniman sekitar Rp 15.000 -Rp 30.000 dan untuk makanan sekitar Rp 30.000 -Rp 70.000.

 

Minum Kopi sambil menikmati air terjun
Minum Kopi sambil menikmati air terjun, kapan lagi kan

 

Poin yang paling saya suka dari Maribaya resort adalah adanya tempat berendam air panas. Memang airnya tidak sepanas air di Ciater, karena sumbernya sudah lebih jauh dari pusat vulkanik Tangkuban Perahu, namun saya tetap bisa menikmati air 40 derajat Celcius tersebut. Sangat menyenangkan rasanya berendam di dalam kolam yang langsung dikelilingi lembah yang hijau sambil mendengar gemuruh air terjun di sekitar kita.

 

Area Kolam rendam VIP yang ada kolam besar dan 3 kolam kecil
Area Kolam rendam VIP yang ada kolam besar dan 3 kolam kecil yang berada di belakang pagar-pagar bambu, warnanya keruh karena kandungan besi dan bikarbonat. Panasnya memang panas alami dari dalam tanah.

 

Walau begitu untuk memasuki area rendam VIP ini kita harus membayar Rp 90.000,00, seandainya mau beli paket dengan makanan maka kita harus membayar Rp 115.000,00. Paket ini menyediakan nasi dengan ayam dan minuman. Selain kolam rendam dengan air yang sedikit panas, ada juga kolam renang yang bisa diakses dan cocok buat tempat main anak. Handuk dan loker tersedia.

 

Kolam Rendam VIP

 

Seandainya tidak suka berendam di udara terbuka karena malu, di Maribaya Resort juga disediakan kamar rendam privat. Per orang bayarnya Rp 90.000,0, namun untuk kamar rendam ini bayaran tersebut hanya untuk akses satu jam. Selain dari kolam rendam VIP ini, ada juga kolam untuk rendam kaki dan kolam anak-anak yang lokasinya lebih tidak “wah”, untuk akses ini bayarannya Rp 35.000,00.

 

Kamar Rendam VIP
Kamar rendam VIP yang privat, per orang bayar Rp 90.000,00 untuk akses selama satu jam

Seandainya tertarik dengan konsep hotel alternatif, bisa juga dicoba Glamping Tent, ceritanya ini Camping tapi nyaman dan cantik. Tapi harganya juga mahal, walau begitu dengan menginap di area ini tentunya tamu bisa mendapat akses penuh ke area Maribaya Resort juga.

 

Kalau saran saya, seandainya mau main ke Maribaya Resort, ada baiknya meneydiakan waktu sedikit lebih banyak, sehingga bisa menikmati keindahan alam dari lembah, sungai dan air terjun di sana. Lokasinya sangat menyenangkan baik untuk yang pergi sendiri, pasangan maupun yang membawa anak kecil, karena fasilitas yang disediakan lengkap untuk semua jenis umur. Walau begitu jika membawa orang tua mungkin harus sedikit sabar karena banyak naik turun tangga, tapi ya kan hitung-hitung olah raga.

 

Air terjun
Salah satu air terjun yang dapat dilihat dalam kompleks Maribaya Resort

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *