Cara Mudah Membuat Presentasi yang Indah

English version>> >>

Saya sangat suka membuat desain presentasi, poster, dll, dan saya percaya penuh bahwa representasi visual yang baik sangat penting untuk menyampaikan pesan kita, baik itu untuk sebuah kampanye sosial, presentasi ilmiah atau untuk jualan. Dalam kesempatan ini saya ingin membagi beberapa peralatan sederhana yang biasa saya gunakan untuk membuat presentasi-presentasi saya, semoga bisa berguna buat teman-teman sekalian. Semua peralatan yang saya gunakan ini sangat mudah dipakai (kebetulan saya bukan ahli desain ataupun komputer) dan peralatan ini juga tidak memungut biaya, sehingga sangat menarik untuk dieksplorasi. Berikut adalah pengenalan singkat dari aplikasi-aplikasi favorit saya

 

prezi.com

Aplikasi ini sudah cukup banyak dikenal, dia merupakan aplikasi online untuk membuat presentasi namun lay out yang diciptakan berbeda dengan Power Point biasa. Prezi terutama sangat berguna apabila presentasi yang akan dibuat harus dilakukan dalam satu kelopmpok, sehingga masing-masing anggota kelompok dapat mengakses secara bebas presentasi tersebut online. Prezi juga secara relatif mudah untuk digunakan, dan banyak tutorial yang tersedia untuk platform ini di Youtube, di bawah ini telah saya sertakan satu dari sekian bayak turtorial tersebut.

 

 

Prezi juga sering digunakan di dalam TED Talk (suatu wadah penghimpun pidato-pidato inspirasional dari seluruh dunia) karena prezi dapat memberikan kesegaran baru dalam sebuah presentasi. List TED Talk yang menggunakan Prezi dapat dilihat di sini. Video yang saya sertakan dibawah ini adalah contoh TED talk yang menggunakan Prezi, tentunya kemampuan prezi-nya sudah level sangat handal.

 

 

piktochart.com

Satu alat yang sedang saya gandrungi adalah piktochart, aplikasi ini bisa membuat presentasi, poster dan infografis secara umum. Piktochart sangat mudah digunakan dan membuat semua hal terlihat indah. Di bawah ini saya telah sertakan sebuah tutorial singkat cara penggunaan piktochart, tapi percayalah bahwa aplikasi ini begitu mudah sehingga tutorial sebenarnya tidak dibutuhkan sama sekali.

 

 

unsplash.com

Unsplash adalah sebuah website yang menawarkan foto dengan resolusi tinggi secara cuma-cuma. Ini sangat baik karena berarti kita tidak mencuri copy right seseorang pada saat penggunaan sebuah gambar untuk keperluan kita. Plus gambar-gambar yang bisa kita dapatkan di website ini luar biasa cantik, sangat menyenangkan untuk digunakan untuk keperluan kita.

 

logomakr.com

Logomakr adalah sebuah wbsite yang menyediakan logo secara cuma-cuma sehingga dapat kita gunakan untuk keperluan infografic, website, poster, dan apapun itu. Website ini sangat sederhana namun untuk saya ini merupakan salah satu hal paling keren di internet saat ini.

 

Hanya dengan menggunakan aplikasi yang telah saya sebut diatas (dan atau software power point biasa) kita sudah dapat membuat bermacam-macam presentasi yang keren. Website saya sendiri dibuat haya dengan menggunakan logo-logo dari logomakr.com dan gambar-gambar dari unsplash.com (dan juga foto-foto saya sendiri), sangat mudah dan cantik. Di dalam link ini teman-teman juga dapat melihat sebuah infografis mengenai energi di Indonesia yang saya buat hanya dengan aplikasi-aplikasi yang saya sebut di atas.

 

Saya juga sangat tertarik untuk mengetahui apakah ada aplikasi-aplikasi favorit teman-teman? Semoga artikel ini bisa berguna untuk teman-teman. Saya akan terus memperbarui halaman ini terutama jika saya menemukan aplikasi baru yang mudah digunakan dan indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *